[Montessori Anak] Asyiknya Mewarnai Beras


Anjani tipe yang cepat bosan dengan mainan, jadi saya punya ide untuk membuat beras pelangi aja, sekalian melatih motorik dan inderanya.

Mewarnai beras ini merupakan salah satu metode permainan messy play, atau permainan yang serba berantakan. Ya kan sudah biasa melihat anak berantakin segala barang, jadi mari arahkan ke kegiatan positif saja biar semua tersalurkan dengan baik, ehe.

Messy play sangat bermanfaat bagi perkembangan anak karena merangsang sentuhan dan sensorinya sehingga memicu rasa penasaran anak untuk mengeksplor lingkungan. Rasa penasaran terhadap lingkungan sekitar ini akan melatih pembelajarannya, perbendaharaan katanya, dan daya kreativitasnya. Anak-anak belajar hal baru dari eksperimen-eksperimen khas mereka, dan messy play dapat membantu anak bereksperimen dengan tekstur yang berbeda-beda itu melalui sentuhan.

Bahan :

1 cup beras
1 sdt cuka
1 sdt pewarna makanan
3 cup kosong


Di sini saya menggunakan pewarna makanan karena aman untuk anak apabila tidak sengaja termakan. Warna yang saya gunakan adalah merah, hijau dan biru. Sebenarnya lebih bagus lagi kalau ada warna pelangi lengkap atau warna dasar merah, biru, kuning. Tapi karena warna kuning tidak ada di warung ya sudah jadi pakai warna hijau.

Langkah pembuatan :

Bagi beras di 3 cup kosong,
Teteskan 1 sdt pewarna, 1 cup kosong untuk 1 warna


Teteskan 1 sdt cuka


Kemudian aduk rata


Moms bisa melibatkan anak juga dalam proses mewarnai beras ini sambil bercerita sekaligus menambah kosa kata. Udah kayak praktikum gitu, seru!

Jemur beras

Jemur atau angin-anginkan beras yang sudah diwarnai di tissue kering atau koran bekas atau bisa juga dengan kardus bekas. Diamkan hingga kering.

Saya membuat beras warna ini malam hari, jadi beras yang sudah diwarnai ditinggal tidur aja nggak terasa 😀


Hasil :


Glowing banget kayak berlian 😂😂

Berasnya jadi dikit banget. Kalau Moms mau membuat agak banyak boleh juga kok dengan takaran yang disesuaikan. Cara bermainnya terserah anak aja untuk mengasah kreativitasnya. Bisa dengan menuangkan beras warna ke wadah kosong, atau sambil bermain pretend play dengan mainan kesayangannya seperti dino, dll. Nah karena beras yang saya buat sedikit, jadi saya buat menempelkan beras di gambar.


Selanjutnya biasanya Anjani saya suruh untuk storry telling dan menyebutkan warna apa saja yang ada dalam gambar itu, tidak lupa membersihkan sisa beras di lantai bersama-sama 😊😊

Happy Playing !

Jember, Juli 2020

5 komentar:

  1. Wah saya malah ingat waktu dulu pernah project tugas kuliah untuk buat gambar Pata (besar) terus ditempel pakai biji bijian yang warnai, salah satunya pake beras gitu. Asik juga liat yang warna warni gitu, apalagi bagi anak-anak ya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah seru banget pastu mbak.... iya kita aja seneng sama segala warna rainbow, kayak menyegarkan mata hehehe

      Hapus
  2. Terima kasih untuk insightnya :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Maasyaa Allah... jadi dapet inspirasi buat media bermain anak-anak. terima kasih yaa :)

    BalasHapus